Selasa, 30 Januari 2018

Blue Marlin, Kapal Raksasa Pengangkut Kapal


Ketika ada sebuah perintah untuk mengangkut sejumlah kapal besar (tidak bisa melaut) ataupun memindahkan ring minyak raksasa, bahkan sampai memindahkan kapal yang sudah rusak maka kapal ini lah yang akan melaksanakan tugasnya.

Blue Marlin adalah sebuah kapal raksasa semu-submersible heavy lift, kapal ini dirancang untuk mengankut ring pengeboran semi-submersible yang sangat besar. KApal ini dilengkapi dengan 38 kabin guna memuat sekitar 60 orang, ruang latihan, sauna dan fasilitas untuk berenang.


Blue MArlin dan Adiknya MV Black Marlin adalah kapal angkat berat kelas marlin. Kapal-kapal ini mlik transportasi barat pantai Oslo Norwegia.

Sejarah Blue Marlin

Angkatan laut amerika juga menyewa Blue Marlin untuk memindahkan USS Cole kembali ke Amerika setelah kapal perang tersebut rusak akibat serangan bom bunuh diri Al-Qaeda saat berlabuh di pelabuhan Aden, Yaman.Selama akhir tahun 2003,  Blue Marlin mengalami perbaikan dengan meningkatkan dan menambahkan dua Propulsors tarik untuk meningkatkan manuver.

Akhirnya kapal ini kembali beroprasi pada bulan januari 2004, setelah menjalani perbaikan, Blue Marlin kembali mangantarkan platform minyak Thunder Horse PDQ yang beratnya sekitar 60.000 Ton ke Corpus Chiristi, Texas guna penyelesaian pembuatan.

Pada bulan Juli 2005 Blue Marlin memindahkan kilang gas Snøhvit dari situs konstruksi di Cádiz ke Hammerfest, perjalanan 11 hari. Transportasi ini difilmkan dalam acara TV Extreme Engineering di Discovery Channel, dan juga acara TV Mega Movers di History Channel.

Pada November 2005, Blue Marlin meninggalkan Corpus Christi, Texas, untuk memindahkan Radar X-band besar berbasis laut keAdak, Alaska, melalui ujung selatan Amerika Selatan dan Pearl Harbor, Hawaii. Tiba di Pearl Harbor pada tanggal 9 Januari 2006, setelah melakukan perjalanan 15.000 mil. Pada bulan Januari 2007, Blue Marlin dipekerjakan untuk memindahkan dua rig jack-up, Rowan Gorilla VI dan GlobalSantaFe Galaxy II, dari Halifax Harbour ke Laut Utara.

sumber: raja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar